Beranda > Info Internet > Wawancara Ekslusif dg Kaspersky

Wawancara Ekslusif dg Kaspersky

PERKEMBANGAN virus semakin mengkhawatirkan, terlebih dengan semakin banyaknya pengguna teknologi informasi (TI) di Indonesia. Untuk itu, berbagai insinyur TI berusaha membantu masyarakat pengguna teknologi dengan menciptakan antivirus dalam menanggulangi masalah tersebut. Dari berbagai antivirus yang tersedia, Kaspersky merupakan salah satunya. Kaspersky terbilang cukup andal dalam menyelesaikan masalah virus, terlihat dari banyaknya pengguna Kaspersky di Indonesia. Tak hanya Kaspersky, pelayanan antivirus lain juga semakin banyak bermunculan. Tak jarang dari banyaknya antivirus yang berkembang tersebut merupakan antivirus palsu. Tak hanya itu, masalah pembajakan kerap muncul dan sangat mengganggu. Padahal, dalam menjaga keamanan komputer, antivirus butuh untuk di-update secara terus-menerus.

Karena itu, bagaimana perusahaan besar pembuat antivirus seperti Kaspersky menyelesaikan berbagai masalah tersebut. Dia memaparkan berbagai permasalahan terkait perkembangan dan penyebaran virus yang semakin mengkhawatirkan ini, masalah pembajakan,dan banyaknya antivirus yang berkembang di Indonesia, termasuk antivirus lokal yang dihasilkan di Indonesia.

Secara lengkap, berikut wawancara khusus dengan Eugene Kaspersky, CEO sekaligus pendiri Kaspersky yang dilakukan di Nusa Dua, Bali, baru-baru ini.

Bagaimana tanggapan Anda tentang banyaknya antivirus dan antivirus lokal di Indonesia?

Saya memiliki perusahaan antivirus, sebenarnya saya tidak memiliki kuasa untuk menilai seperti apa antivirus selain dari yang saya miliki.Tetapi, yang penting untuk diketahui adalah setiap antivirus itu hanya mendeteksi virus sesuai dengan definisi yang dimiliki masing-masing antivirus tersebut.Karena itu, setiap antivirus memiliki kelebihan masing-masing. Saat ini sangat banyak antivirus palsu yang sedang berkembang. Antivirus jenis ini hanya mendeteksi, tetapi pada sesungguhnya mereka tidak membersihkan atau membasmi virus yang ada.

Ketika kita ingin membasminya, antivirus ini meminta uang kembali sehingga kita mengeluarkan uang yang lebih banyak dan kebanyakan orang percaya. Sementara itu, antivirus yang kami tawarkan sangat berbeda.Kami memilih jenis virus yang paling ganas dan virus-virus yang sering muncul.Antivirus kami juga mengatasi virus yang sedang sangat bermasalah atau mengganggu.

Antivirus lokal dipercaya untuk lebih mudah menghadapi masalah virus lokal,tanggapan Anda?

Satu komputer itu memiliki banyak virus. Dengan bermacam-macam virus yang ada,maka satu komputer harus menggunakan antivirus yang canggih.Terlebih virus itu datang dari internet,sedangkan internet itu tidak terbatas. virus menyebar dari mana saja. Jadi, tidak ada garansi bahwa antivirus lokal dapat memberikan keamanan yang lebih baik.Dan,teknologi atau antivirus mana yang paling baik untuk memproteksi itu juga bergantung pada teknisi yang dimiliki.

Apa nilai lebih yang dimiliki Kaspersky dibandingkan antivirus lainnya?

Kami lebih fokus pada pengembangan teknologi antivirus yang kami miliki dibandingkan dengan pengembangan pasar yang ada.Karena perusahaan yang kami miliki ini adalah perusahaan jasa, bukan perusahaan dagang.

Apa target yang lebih diutamakan dari Kaspersky?

Kami masuk ke semua jenis pasar yang ada.Tetapi sejauh ini, keuntungan yang kami dapatkan lebih banyak melalui pasar konsumen dibandingkan dengan pasar perusahaan. Karena perusahaan itu harus mem-back upbanyak komputer, sedangkan pasar konsumen itu lebih fleksibel. Mereka dapat memilih secara langsung pelayanan terbaik buat mereka.

Pembajakan antivirus kerap terjadi di Indonesia,tanggapan Anda?

Pembajakan itu terjadi di berbagai negara.Saya memahami bahwa hal itu terjadi karena kondisi ekonomi yang masih lemah sehingga mereka membeli dengan cara seperti itu (membajak).Dan,saya yakin ketika kondisi ekonomi yang ada sudah lebih mapan, maka mereka akan membeli sebuah produk dengan cara yang legal.

Bagaimana Kaspersky menanggulangi terjadinya pembajakan tersebut?

Antivirus itu merupakan pelayanan, bukan produk.Sehingga ketika kita mengembangkannya, itu membutuhkan dana yang sangat mahal. Kami harus selalu melakukan updateteknologi,mendistribusikannya. Untuk itu, dana yang kami butuhkan pun cukup besar sehingga pembajakan merupakan hal yang sangat buruk buat kami. Untuk itu,kami pun dapat mengontrol pembajakan di produk kami. Dengan adanya updatedan upgrade produk, maka ketika kami menemukan banyak produk dengan ID yang sama, kami akan mematikan proteksi antivirus yang dimilikinya. Sebenarnya kami juga bisa melihat siapa yang menyebarkan pembajakan, tetapi terkadang kami membiarkannya karena kami memahami kondisi pasar yang ada.

Baru-baru ini,dunia dikagetkan dengan munculnya Stuxnet. Sebenarnya virus Stuxnet dan virus lainnya itu seperti apa cara kerjanya?

Sebuah virus itu memiliki desain program yang sama persis dengan sebuah software program.Namun, mereka memiliki fungsi yang merusak dan tidak memberi manfaat. Karena itu, keberadaan dan kelebihan security system di dalam penggunaan komputer itu ada karena sistem ini bisa melihat program- program yang bermanfaat serta program yang berbahaya atau merusak. Untuk membuat sistem keamanan itu membutuhkan orang orang yang ahli dalam hal tersebut. Dan, negara-negara maju yang kebanyakan memiliki orang-orang seperti ini. Ini bukan hanya tentang berapa banyak uang yang dimiliki, tetapi orang-orang yang ahli dalam membuat sistem keamanan.

Apa yang membuat sebuah sistem operasi mudah terinfeksi virus?

Karena pada awalnya, desain dan sistem yang ada itu kurang sempurna atau belum kokoh sehingga mudah dimasuki oleh virus.

Mengapa Microsoft paling sering diserang oleh virus?

Karena Microsoft memiliki lebih banyak digunakan dibandingkan operating system lainnya. Hal ini karena sejak tahun 1990-an, Microsoft sudah mengeluarkan banyak dana untuk pengembangan program berbasis Microsoft. Dengan begitu,kebanyakan para insinyur atau teknisi menggunakan Microsoft karena lebih terbiasa dengan itu. Dengan banyaknya produk Microsoft yang dibuat, harga yang mereka miliki pun lebih murah dan lebih banyak digunakan orang banyak.

Dengan ancaman virus yang sangat menakutkan, strategi yang perlu dilakukan para pengguna komputer?

Jadilah paranoid. Superekstra hati-hati terhadap sesuatu yang ada ketika menggunakan teknologi tersebut.Karena terhindar dari virus untuk saat ini,bukanlah sesuatu hal yang mudah dilakukan.

Rencananya pelayanan ke depan Kaspersky seperti apa?

Kami sedang mengembangkan pelayanan baru yang nantinya pengguna Kaspersky akan memiliki proteksi yang bisa berlangganan lewat internet atau Cloud sehingga bisa merespons perbaikan virus dengan lebih cepat.Selain itu,kami sedang mengembangkan sistem keamanan untuk DDOS.DDOS merupakan sebuah serangan yang menggunakan banyak host penyerang untuk menyerang hosttarget dalam sebuah jaringan. Dengan begitu, pengguna jaringan tersebut tidak dapat menggunakannya sama sekali karena dibanjiri dengan banyak request yang sebenarnya bukan datang dari pengguna terdaftar. (Koran SI/ Rabiah al Adawiyah)

Mau Internetan Unlimited Kecepatan 1 Mbps dg Harga MURAH ?? Call Us Now ^^

www.jualinternet.com

Internet Murah Shop

CAll Us Now
Simpati : 081227808091 | XL : 087838487354
“Internet Unlimited Murah, Connect Internet dimana saja, kapan saja tanpa Batas”
Iklan
  1. 16 Januari 2011 pukul 15:23

    thank you for the information, I liked your article, its content is organized and very easy to understand,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: