Beranda > Info Internet > berburu “BOTNET” 1

berburu “BOTNET” 1

Berbagai PC zombie yang dibajak adalah ancaman berbahaya bagi pengguna PC di Internet. CHIP akan tunjukkan, bagaimana memerangi botnet dan apa saja yang dapat Anda lakukan untuk menangkalnya. A larm sebuah server di data center berbunyi. Ini berarti ada sebuah PC yang terinfeksi malware berhasil dideteksi. Hasil “investigasi” administrator dari penyedia layanan Internet menun­jukkan bahwa PC yang terinfeksi tersebut adalah milik seorang pelanggan mereka. Prosedur selanjutnya adalah pelanggan tersebut diinformasikan dan risiko ke­a­man­an tersebut pun berhasil disingkirkan. Demikian, sekilas rutin­itas dalam perang melawan salah satu ancaman terbesar di Internet, botnet, yang merupakan sekumpulan PC yang telah berhasil dibajak dan dikendalikan hacker dari jauh (remote). Kini, banyak spam disebarluaskan melalui botnet. Serangan Denial-of-service (DoS) dan serangan hacker juga dilancarkan ke seluruh dunia melalui botnet. Ini mengesalkan pelanggan, meningkatkan biaya traffic bagi penyedia layanan, dan dapat melumpuhkan server pribadi maupun pemerintah.

Saat ini, telah ada sebuah aliansi global untuk memerangi botnet. Salah satunya adalah Panda Security yang menaklukkan salah satu botnet terbesar “Mariposa”. Produsen sekuriti lainnya, Kaspersky Lab, diwakili analis virus mereka, Yury Namestnikov, menganalisis jenis dan struktur bot­net serta mengembangkan langkah-langkah untuk melakukan proteksi.

 

Di beberapa negara maju juga dibentuk asosiasi khusus untuk memerangi botnet. CHIP juga berpartisipasi dalam memerangi botnet dengan menyediakan paket anti-botnet (CHIP-DVD). Untuk melacak PC terinfeksi, pemburu botnet bahkan membuat Honeypot yang mensimulasikan sistem yang belum di-patch dan diproteksi untuk memancing PC-PC yang terinfeksi secara otomatis.

Honeypot: Menjebak botnet
Apabila sebuah PC bot masuk ke dalam jebakan, para spesialis dari penyedia jasa Internet bisa langsung menganalisis serangan ke Honeypot tersebut dan membandingkan alamat IP dan time stamp PC yang terinfeksi untuk mengetahui siapa pemiliknya (pelanggan atau tidak). Apabila pelanggan, ia akan mendapat sebuah mail berisi informasi mengenai kasus infeksi tersebut dan panduan langkah demi langkah untuk menyingkirkan malware tersebut. Menurut mereka, kerahasiaan data pelanggan tidak terancam. Mereka menyediakan honeypot hanya untuk layanan Zeus Tracker. Layanan ini menganalisis data untuk menemukan server Command and Control botnet Zeus.

Para pemburu Botnet masih memiliki senjata lainnya. Ada yang menjalankan sebuah sistem jebakan spam (spam trap) yang mengumpulkan dan menganalisis spam dari seluruh dunia. Apabila PC pelanggan mengirimkan spam mail secara massal, pelanggan tersebut mendapat sebuah mail pemberitahuan, se­perti telah disebutkan di atas. Namun, un­tuk mengetahui lebih jauh mengenai botnet, para analis juga menelaah serang­an Distributed Denial-of-Service (DDoS). Pada DDoS, semua PC dalam botnet membombardir server korban dengan jutaan per­­mintaan yang tidak berguna hingga PC tersebut crash akibat terlalu banyak beban. bersambung

 

Mau Internetan Unlimited Kecepatan 1 Mbps dg Harga MURAH ?? Call Us Now ^^

www.jualinternet.com

Internet Murah Shop

CAll Us Now
Simpati : 081227808091 | M3 : 085740919180 | XL : 087838487354 | Flexy : 02746677765
“Internet Unlimited Murah, Connect Internet dimana saja, kapan saja tanpa Batas”

 

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: