Beranda > Tips Dunia Internet > Review Samsung DVD Writer SE-S084D

Review Samsung DVD Writer SE-S084D

Beberapa waktu lalu Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menghadirkan perangkat optik eksternal mereka. Kali ini yang dihadirkan adalah DVD writer dengan form factor ringkas, menggunakan konektivitas USB. Seperti diketahui, di pasaran kini banyak beredar produk-produk notebook ultra portabel atau ultra tipis, ataupun netbook. Komputer jinjing ultra ringkas ini umumnya hadir dengan drive optik secara opsional. Artinya, pengguna yang membutuhkan perlu membeli drive tersebut secara terpisah. SE-S084D dari Samsung ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan di atas. Pengguna hanya perlu menghubungkan kabel USB ke perangkat ini dan port di netbook, misalnya, maka netbook tersebut sudah bisa langsung menggunakan dvd writer tersebut.Fitur
Samsung DVD Writer SE-S084DPada kabel penghubungnya, Samsung juga menyediakan konektor USB tambahan yang berfungsi sebagai cadangan jika port USB di komputer tidak dapat memasok daya dalam jumlah cukup yang menyebabkan drive tidak dapat digunakan atau kekurangan daya saat melakukan pembakaran.

Drive optik ini ukurannya relatif mungil dan ringan. Dengan dimensi 146 x 17 x 137,2 milimeter, bobot dvd writer external slim tersebut hanya 270 gram. Samsung mengklaim, perangkat yang didesain tak bersudut ini 20 persen lebih ringkas dibanding DVD writer konvensional. Metode tray loading digunakan untuk menyematkan CD atau DVD. Untuk membuka tray, pengguna cukup menyentuh atau mencolekkan jari di bagian penutup drive. Setelah keping cakram dimasukkan, Samsung menyebutkan, sekitar 190 milidetik kemudian, data sudah bisa diakses.

Samsung DVD Writer SE-S084DJika dihubungkan ke perangkat audio atau video yang mendukung USB, drive optik eksternal ini juga bisa langsung digunakan. Sebagai contoh, jika Anda ingin menyaksikan film lewat proyektor, jika proyektor Anda mendukung input lewat USB, maka tinggal masukkan DVD film ke drive ini, sambungkan ke proyektor, selesai.

Kinerja
Untuk soal urusan baca tulis, berikut ini kecepatan masing-masing format yang didukung oleh Samsung DVD Writer SE-S084D:

Tipe Media Kecepatan Baca Kecepatan Tulis
DVD+R 8x (10,8MB/s) 8x (10,8MB/s)
DVD+R DL 8x (10,8MB/s) 6x (8,1MB/s)
DVD+RW 8x (10,8MB/s) 8x (10,8MB/s)
DVD-R 8x (10,8MB/s) 8x (10,8MB/s)
DVD-R DL 8x (10,8MB/s) 6x (8,1MB/s)
DVD-RAM 5x (6,75MB/s) 5x (6,75MB/s)
DVD-RW 8x (10,8MB/s) 6x (8,1MB/s)
DVD-ROM 8x (10,8MB/s)
CD-ROM 24x (3,6MB/s)
CD-R 24x (3,6MB/s) 24x (3,6MB/s)
CD-RW 24x (3,6MB/s) 24x (3,6MB/s)

Dari sisi kecepatan tulis, drive ini memang tidaklah terlalu cepat. Di pasaran beberapa DVD writer eksternal ada yang mampu menulis lebih cepat ke beberapa jenis media DVD dan CD. Akan tetapi, berhubung menghadirkan kemampuan baca dan tulis ke komputer jinjing ringkas merupakan fungsionalitas utamanya, kecepatan bakar tinggi boleh dinomorduakan. Lagipula, umumnya kecepatan baca-tulis drive eksternal yang umum beredar juga relatif sama dengan produk ini.

Uji Coba
Saat kami coba, ketika digunakan untuk menulis ke media DVD-R, Samsung SE-S084D mampu menulis dengan kecepatan rata-rata 5,98x. Saat menulis ke media DVD-R DL, kecepatan tulisnya mencapai 3,75x dan saat menulis ke media CD, rata-rata kecepatan tulis drive ini mencapai 18,87x.

Samsung DVD Writer SE-S084DTidak ada masalah saat penulisan ataupun pembacaan ke media DVD-R ataupun CD-R. Kemampuan baca-tulis drive ini cukup baik. Akan tetapi, saat menuliskan ke media DVD-R DL, tampaknya Samsung SE-S084D sedikit menemui hambatan. Demikian pula setelah diperiksa dengan Surface Scan milik Nero 9 bawaan, hasilnya menunjukkan ada bagian dari hasil bakaran yang diberi kategori Bad.

Masalah ini mungkin akan diatasi lewat pada firmware yang lebih baru nantinya. Untungnya, Samsung menyediakan fitur Firmware Live Update pada drive ini. Syaratnya, komputer yang menggunakan DVD Writer SE-S084D harus terhubung ke Internet. Di Indonesia, produk ini tersedia dalam 7 pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan warna notebook atau netbook Anda yakni hitam, silver, putih, kuning, merah, merah muda, dan biru tua. Harga kisarannya adalah US$69,99 atau Rp630 ribuan.

Kelebihan:
–    Ringkas, mudah dibawa-bawa
–    Tidak membutuhkan driver untuk dapat digunakan

Kekurangan:
–    Kecepatan bakar tidak tinggi
–    Kesulitan saat membakar ke DVD-R DL

Mau Internetan Unlimited Kecepatan tinggi ?? Call Us Now ^^

Internet Murah Shop

CAll Us Now
Simpati : 081227808091 | M3 : 085740919180 | XL : 087838487354 | Flexy : 02746677765
“Internet Unlimited Murah, Connect Internet dimana saja, kapan saja tanpa Batas”
Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: