Beranda > Info Internet > Riset: Gol Roberto Carlos Bukan Keberuntungan

Riset: Gol Roberto Carlos Bukan Keberuntungan

SAN FRANSISCO – Sekelompok peneliti membuktikan jika gol luar biasa yang terjadi saat perhelatan sepakbola internasional 1997, bukanlah sebuah keberuntungan. Dari sisi sains, hal tersebut dimungkinkan untuk terjadi. Pemain sepakbola Brasil, Roberto Carlos berhasil menerobos gawang Prancis dengan tendangan yang dilakukan dari jarak jauh, tepatnya 115 kaki. Awalnya banyak yang mengira tendangan itu akan mengenai sudut lapangan, namun siapa sangka, bola tersebut malah mengelak membentuk garis lengkung dan menciptakan gol.

Penjaga gawang Prancis, Fabien Barthez juga tidak mengira bahwa bola itu akan menerobos gawangnya. Demikian juga dengan ball boy yang berada 30 meter dari luar gawang, menganggap bahwa bola itu akan mengarah kepadanya. Tendangan bebas Roberto Carlos pada perhelatan Tournai de France itu disebut-sebut banyak orang sebagai sebuah keberuntungan. Bahkan ada juga yang mengatakan jika tendangannya mendapatkan pertolongan angin.

Namun ilmuwan membantah pemikiran tersebut dengan sebuah bukti sains. Mereka membuat arah tendangan bola dalam format komputerisasi dan mendapatkan keyakinan jika tendangan tersebut bukanlah sebuah keberuntungan. Dengan menggunakan bola plastik kecil dan sebuah ketapel, tim peneliti Prancis dari Ecole Polytechnique di Palaiseau, Paris menunjukkan variasi kecepatan dan perputaran bola air untuk melacak lintasan yang berbeda.

Riset mereka hampir sama dengan penjelasan mengenai teori Magnus Effect, yang memungkinkan perputaran bola dengan lintasan yang melengkung, bahkan hal ini sama dengan jarak tendangan bebas yang dilakukan Carlos. Gesekan yang terjadi pada bola dan dukungan atmosfir sekitar untuk memungkinkan bola berputar ternyata berperan cukup besar dalam mengarahkan lintasa bola. Hal ini memungkinkan bola berubah arah, persis seperti kasus tendangan bebas Carlos.

“Dengan jarak yang cukup luas, ditambah kekuatan tendangan yang cukup besar ternyata mampu menjaga kecepatan tembakan hingga ke gawang. Hal ini pun mampu mengubah pola lintasan tendangan hingga ke arah yang tak terduga,” ujar peneliti dari École Polytechnique, Christophe Clanet dan David Quere, seperti dikutip melalui Telegraph, Kamis (2/9/2010). (srn)

Mau Internetan Unlimited Kecepatan tinggi ?? Call Us Now ^^

Internet Murah Shop

CAll Us Now
Simpati : 081227808091 | M3 : 085740919180 | XL : 087838487354 | Flexy : 02746677765
“Internet Unlimited Murah, Connect Internet dimana saja, kapan saja tanpa Batas”
TURUN HARGA klik gambar dibawah

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: