Beranda > Info Internet > Cybercrime Manfaatkan Fitur Live Chat

Cybercrime Manfaatkan Fitur Live Chat

Jakarta – Layanan live chat yang biasanya digunakan berbagai perusahaan untuk menghadirkan layanan live support di situsnya, ditengarai telah dimanfaatkan phiser atau pencuri di dunia cyber untuk beraksi.  Gelagat tak baik ini telah dideteksi perusahaan antivirus Symantec. Beberapa waktu lalu, Symantec mendapati situs phising yang biasa digunakan untuk mencuri informasi sensitif menyamar sebagai layanan live chat.  Menurut Symantec, para penjahat dunia maya memang selalu mencari teknik baru dalam memburu informasi penguna. Dalam banyak kasus, situs phising yang menargetkan kredensial login pelanggan dibuat dengan melakukan penipuan di halaman login merk terkemuka. 

“Di kasus terakhir ini, situs phising menargetkan kredensial yang sama dengan penyamaran website support tersebut. Situs phising menampilkan sesi chat palsu untuk membuat halaman terlihat asli untuk meyakinkan pelanggan bahwa situs tersebut interaktif,” jelas Symantec, dalam keterangannya, Selasa (31/8/2010).  Kemudian, halaman phising ini meminta ID pelanggan dan langsung mengarahkan pelanggan untuk memasukkan pertanyaan yang ingin ditanyakan ke representatif. Setelah memasukkan detail dan mengklik tombol ‘Chat’, halaman akan diarahkan ke jendela chat.

Jendela chat menyataakan bahwa representatif akan segera online untuk membantu pelanggan. Setelah beberapa detik, sebuah pesan ditampilkan menyatakan bahwa representatif telah siap. Jendela chat juga menampilkan penanda waktu di bawahnya untuk meniru website asli, akan tetapi penanda waktu tersebut palsu dan waktu yang ditampilkan pun juga palsu.

“Setiap pesan yang masuk dari pelanggan tidak mendapatkan jawaban. Jendela chat kemudian akan menampilkan pesan bahwa representatif tersebut telah meninggalkan sesi chat. Setelah beberapa menit sesi chat kemudian berakhir dan halaman tersebut menampilkan form email,” lanjut Symantec. Halaman itu menyatakan, online support tidak aktif untuk pemeliharaan dan mengarahkan pelanggan agar mencoba kembali atau meninggalkan email untuk representatif online support.

Meski halamannya terlihat interaktif, situs tersebut tidak melibatkan respon dari manusia dan seluruh sesi chat dilakukan otomatis oleh komputer. Situs phising ditempatkan di webhosting gratis.

Berikut beberapa tips dasar untuk menghindari aksi kejahatan online:

1. Jangan mengklik link mencurigakan di pesan email.
2. Periksa URL website dan pastikan memang dimiliki oleh merek tersebut.
3. Ketik nama domain website di browser daripada mengklik link apapun.

Mau Internetan Unlimited Kecepatan tinggi ?? Call Us Now ^^

Internet Murah Shop

CAll Us Now
Simpati : 081227808091 | M3 : 085740919180 | XL : 087838487354 | Flexy : 02746677765
“Internet Unlimited Murah, Connect Internet dimana saja, kapan saja tanpa Batas”
Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: