Beranda > Info Internet > 3 Isu Kritikal Era Broadband

3 Isu Kritikal Era Broadband

JAKARTA – Untuk menjawab tantangan pengembangan infrastruktur jaringan pita lebar, setidaknya ada tiga isu kritikal yang harus di jawab Telkom, yaitu ARPU, bandwidth dan cost. “Isu-isu tersebut terkait dengan bagaimana menjaga teknologi agar senantiasa mampu mengakomodasi kebutuhan konsumsi bandwidth yang terus meningkat, bagaimana menciptakan pendapatan baru, dan bagaimana mempertahankan biaya,” ujar Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah di Jakarta, Jumat (3/9/2010).

Menurut Rinaldi, kondisi yang tidak diharapkan terjadi tatkala ARPU operator mengalami stagnasi, sementara biaya terus membengkak sebagai konsekuensi dari upaya yang dilakukan terus-menerus oleh operator untuk meningkatkan kapasitas bandwidth demi mengakomodasi kebutuhan pengguna yang terus melambung.

“Dalam era komunikasi suara (voice era) ketika kebutuhan bandwidth lebih banyak digunakan untuk kepentingan voice, operator bisa memperoleh margin yang bagus. Demikian juga, dalam era pita lebar (broadband era) di mana konsumsi bandwidth cukup besar namun masih dalam batas wajar, operator bisa mendapatkan margin yang bersifat sustainable,” ujarnya.

Persoalannya, lanjut Rinaldi, konsumsi bandwidth akan terus berkembang menuju apa yang disebut sebagai Ultra Broadband Era yang menawarkan begitu banyak peluang, namun bila tidak disiasati dengan baik akan sangat menekan margin operator akibat membengkaknya biaya peningkatan kapasitas bandwidth di tengah stagnannya ARPU.

Dijelaskan Rinaldi, upaya Telkom dalam menghadapi tantangan ini adalah mengoptimalkan variabel ARPU-Bandwidth-Cost tadi. Di sisi bandwidth, kapasitas terus dikembangkan dengan memanfaatkan serangkaian teknologi seperti Metro Ethernet, Terra Router, GPON for FTTH&M, dan 40G WDM/Ethernet. Di sisi ARPU, Telkom akan terus mengembangkan berbagai layanan seperti Mobile Internet Application, IPTV, Managed Lease Line, dan Wholesale. Sedangkan di sisi biaya (cost) Telkom melakukan efisiensi melalui langkah-langkah penyederhanaan arsitektur jaringan, optimasi trafik point-to-point/Video/Mobile Broadband, sinergi IP dan optik, serta pemeliharaan yang mudah dan penetapan lokasi secara cepat. (srn)

Mau Internetan Unlimited Kecepatan tinggi ?? Call Us Now ^^

Internet Murah Shop

CAll Us Now
Simpati : 081227808091 | M3 : 085740919180 | XL : 087838487354 | Flexy : 02746677765
“Internet Unlimited Murah, Connect Internet dimana saja, kapan saja tanpa Batas”
TURUN HARGA klik gambar dibawah

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: