Beranda > Info Internet > Ilmuwan Hilangkan Kendala Kapasitas Terabyte

Ilmuwan Hilangkan Kendala Kapasitas Terabyte

SAN FRANSISCO – Ilmuwan Komputer dari University of California, San Diego, berhasil menghilangkan masalah terabyte. Bahkan mereka berhasil membuat rekor dunia dengan mengirimkan data sebesar 1 terabyte hanya dalam 60 detik.Rekor tersebut dipecahkan dalam sebuah kompetisi tahunan ‘Sort Benchmark, sebuah kompetisi dunia yang bertujuan untuk mencari teknologi penyortir data. Dalam kompetisi ini UC San Diego Jacobs School of Engineering juga berhasil memecahkan rekor sebagai data sorting rate tercepat. Mereka sukses menyortir satu triliun data dalam kurun 172 menit.

Perusahaan yang sedang mencari tren, efisiensi dan keunggulan kompetitif lainnya telah beralih ke jenis tugas berat berupa penyortiran data yang membutuhkan perangkat keras khusus untuk pusat data. Internet juga telah menciptakan banyak skenario dimana penyortiran data sangat penting. Iklan pada halaman Facebook, rekomendasi di Amazon, dan hasil pencarian di Google semua hasil dari penyortiran data memiliki ukuran beberapa petabyte. Satu petabyte sendiri adalah 1.000 terabyte.

UC San Diego profesor ilmu komputer Vahdat Amin, yang memimpin proyek itu, mengatakan, jika sebuah perusahaan besar ingin menjalankan query di semua tampilan halaman atau produk yang dijual, diperlukan semacam dataset multi-petabyte dan satu yang berkembang oleh banyak gigabyte setiap hari.

Dia menambahkan, perusahaan mendorong pembatasan jumlah data yang dapat dipilah dan menentukan kecepatannya. Ini adalah data analisis secara real time.”Namun begitu, teknologi yang lebih baik tetap diperlukan. Di pusat data, penyortiran sering menjadi hambatan yang paling mendesak dalam aktivitas yang lebih tinggi di banyak tingkat,” ujar Vahdat yang mengarahkan Pusat Sistem Jaringan (SSP) di UC San Diego.

Dua rekor dunia baru dari UC San Diego ini adalah salah satu dari 2010 jenis hasil yang dirilis pada http://sortbenchmark.org, situs yang dijalankan oleh para ilmuwan komputer dari industri dan akademisi yang mengelola kompetisi.

Kompetisi ini menyediakan tolok ukur untuk memilah data dan mengembangkan sebuah forum interaktif bagi para peneliti yang berusaha untuk memperbaiki data teknik penyortiran. (srn)

Mau Internetan Unlimited Kecepatan tinggi ?? Call Us Now ^^

## Ready Stock ##

Internet Murah Shop

Jl. Kaliurang Km.12 No.32 Yogyakarta
CAll Us Now ## TIDAK DIJUAL BEBAS ##
Simpati : 081227808091 | M3 : 085740919180 | XL : 087838487354 | Flexy : 02746677765
“Internet Unlimited Murah, Connect Internet dimana saja, kapan saja tanpa Batas”

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: