Beranda > Info Internet, Tips Dunia Internet > Sistem Operasi untuk Netbook 2

Sistem Operasi untuk Netbook 2

Multimedia: Windows 7 tanpa masalah

Untuk area multimedia, kami menggunakan VLC Media Player untuk memutar film-film MPEG dalam resolusi DVD normal dan trailer HD. Player ini memutar MPEG dengan mulus. Pada Linux, beban CPU berada di bawah 30 persen, sedangkan pada Windows tidak mencapai 20 persen. Posisi paling depan diduduki oleh Windows 7 Starter, sedangkan Ultimate membutuhkan resource tambahan lantaran menggunakan Aero interface.

Harapannya, netbook masih dapat memutar trailer HD dengan resolusi 1.920 x 1.080. Ternyata, hardware netbook tidak cukup memadai. Gambar tidak begitu mulus sehingga film tampak sama seperti gambar slide. Pada setiap sistem, frame yang hilang sekitar 8 persen. XP pun tidak memberikan hasil yang baik karena pengguna di sini harus memakai eksternal player, seperti VLC. Sebaliknya, Windows 7 memiliki H.264 Decoder untuk film-film HD dan sudah dioptimalkan untuk chip graphic. Trailer HD memang sedikit tersendat, tetapi berjalan mulus dengan Windows Media Player sehingga masih dapat ditonton. Pada Linux, MPla­yer merupakan alternatif terbaik, tetapi tidak mencapai performa seperti decoder pada Windows 7.

Untuk mengonversi film, kami menggunakan freeware, Handbrake, untuk me­ngubah sebuah film MPEG untuk iPhone. Handbrake menggunakan x264 sebagai encoder. Pada Linux, Handbrake hanya memberikan sekitar 8 frame per detik, sedangkan ketiga versi Windows dapat me­ngubahnya dengan 10 frame per detik.

Konversi film pada XP masih lebih baik, demikian juga untuk kompresi dengan menggunakan tools command line, bzip2. XP membutuhkan waktu sekitar 4 menit untuk memadatkan file sebesar 240 MB. Pada Linux, proses ini berlangsung sekitar 30 detik lebih lama.

Selain itu, kami menggunakan WinRAR untuk kompresi pada Windows dan menggunakan built-in RAR tools pada Linux. Pada perbandingan tidak langsung ini, Linux jelas lebih lambat. Untuk proses kompresi 1.360 file ke dalam format RAR, Linux membutuhkan waktu hampir 16 menit, sedangkan WinRAR pada XP hanya sekitar 12 menit.

Umumnya, aplikasi yang berjalan di Windows memberikan hasil yang lebih baik walaupun Linux hanya membutuhkan resource yang lebih kecil. Memang, Windows 7 kemungkinan memberikan lebih banyak masalah pada perangkat yang masih dilengkapi dengan RAM sebesar 512 MB. Sebaliknya, Linux tidak terpengaruh dengan kondisi ini.

Microsoft mengatakan bahkan Windows 7 ideal untuk netbook sehingga penyesuaian tidak perlu dilakukan. Starter Edition memang berjalan lebih cepat dibandingkan Ultimate Version, tetapi perbedaannya sangat sedikit.

INFO
Pengujian Netbook

note2

note3

Mau Internetan Unlimited Kecepatan tinggi ?? Call Us Now ^^

On Stock
Internet Murah Shop
Jl. Kaliurang Km.12 No.32 Yogyakarta
Simpati : 081227808091 | M3 : 085740919180 | XL : 087838487354 | Flexy : 02746677765

www.jual-internet-unlimited.co.cc

“Internet Unlimited Murah, Cukup Bayar sekali, Pakai Sepuasnya”

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: