Beranda > Tips Dunia Internet > Wajanbolic Penguat Sinyal 3G

Wajanbolic Penguat Sinyal 3G

24 Juli 2010

Tutorial membuat antena wajanbolic penguat sinyal 3G/EVDO banyak bertebaran di internet. Ada pula sejumlah pihak, pribadi maupun perusahaan, yang menyediakan paket jadi wajanbolic.Saya awalnya berencana membeli paket wajanbolic. Namun, saya urungkan, karena dengan  membeli saya tidak tahu ilmunya. Lagi pula tutorialnya banyak bertebaran di internet, dan sepertinya tidak begitu sulit membuatnya.

……………………………………………………………………………….. Selengkapnya klik disini yaa

Menentukan Posisi Konektor

……………………………………………………………………………………bag 1 selengkapnya klik disini yaa
Itu karena klem kabel hanya dapat dilakukan sekali tekan menggunakan tang. Jika meleset, akibatnya harus beli satu set konektor RP-SMA lagi. Selanjutnya pigtail dipasang ke colokan eksternal antena modem

Mengarahkan Antena

…………………………………bag 1 selengkapnya klik disini yaaa
Lebih baik jika kita lebih dahulu tahu dimana BTS yang “disangka” sebagai pemancar sinyal 3G/HSDPA/EVDO.

Stabil itu Mutlak

……………………………….bag 1 selengkapnya klik disini yaaa

mengunduh situs-situs kelas berat seperti youtube dan semacamnya.

Solusi Modem Panas

Salah satu kelemahan modem ZTE MF622 yang saya gunakan adalah cenderung panas dalam jangka waktu lama. Untuk mengurangi panas, modem itu saya bungkus aluminium foil.

………………………………………………………bag 1 selengkapnya klik disini yaaa

memang agak merepotkan apalagi jika menggunakan provider internet broadband yang memiliki keterbatasan soal penyebaran sinyal 3,5G HSDPA HSPA yang terbatas bahkan jika terhalang gedung saja sudah menghilang dan tidak cukup kuat untuk mempertahankan kestabilan sinyalnya, tetapi sinyal internet TELKOMSEL CORPORATE UNLIMITED tanpa menggunakan antena penguat di daerah yang sama hasilnya lebih kuat dan lebih stabil pada sinyal HSPA (lebih tinggi dari HSDPA dan 3,5G) pilihan tetap diserahkan kepada pengguna internet mau yang repot atau yang ringkas ??

Mau Internetan Unlimited Kecepatan tinggi ??

On Stock
Internet Murah Shop
Simpati : 081227808091 | XL : 087838487354

www.jual-internet-unlimited.co.cc

“Internet Unlimited Murah, Cukup Bayar sekali, Pakai Sepuasnya”

cara pembuatan wajanbolik bag 2 Klik disini

Iklan
  1. cecep
    6 April 2010 pukul 08:26

    mas klo modemnya ga ada colokan eksternal antena, solusinya gimana??? modem speed up su8600u.

    • Internet
      6 April 2010 pukul 15:56

      kalau tidak ada colokan antena eksternal berarti tidak bisa

  2. 13 Mei 2010 pukul 01:03

    di lilitkan saja di modemnya… liat gambar ini…

  3. 4 Juni 2010 pukul 08:26

    minat bos?tapi rumit juga ya
    ?hee..salam kenal bro?

  4. andi
    8 Juni 2010 pukul 22:38

    mungkin ada yang bisa bantu@

    aku beli modem “vodafone huawei k3565-rev2” dapat sebua buku panduan buat bikin jalur akses oprelator2 di indonesia dan semua kartu gms di coba dapat siknyal semua, tapi yang jadi masalah, speed nya gak bisa sampai tembus 46KB (380kbps kurang lebih) padahal pakai telkomsel, dan sudah dapat siknyal 98% hsdpa (lampu nyala biru kehijauan, harusnya tanda dapat hsdpa) malah kadang2 100% stabil

    tapi saat download tan speed yang didapat mentok di 46KB, seolah2 cuma dapat 3G dan gak bisa tembus 3,5G atau HSDPA

    padahal modem “vodafone huawei k3565-rev 2” di box tertulis downloatan dampai 7,2mbps, dan aku cari2 gi goole speed vodavon k3565-rev 2 mendukung downloatan sampai 3,6mbps, tapi kok aku pakai buat downloadtan max speed mentok di 380kbps ya? gak bisa naik dari itu, apa lagi mau menuju 3,6mbps jau bangat harapannya

    apa lampu modem ku rusak, nyala biru kehijauan, padahal siknyal cuma 3g, bukan hsdpa?

    mohon pencerahan nya,

    • 9 Juni 2010 pukul 02:23

      sebelumnya terimakasih sudah berkunjung
      disini ada kesalah pahaman kebanyakan user, saya terangkan 1 per 1

      1. modem dengan spesifikasi HSDPA atau full download sebesar 7,2 Mbps maksudnya adalah modem tersebut dapat mensupport sinyal HSDPA dari suatu provider yang menyediakan akses HSDPA tersebut secara full disini artian full bahwa provider tersebut tidak mematok secara permanen bandwidth yang diterima oleh user walaupun sinyal yang didapatkan adalah HSDPA atau bahkan HSPA seperti yang disediakan oleh Telkomsel Unlimited.

      2. terkait dengan harga tentunya, sekarang bisa dilogika berpatokan pada speedy yang merupakan akses internet kabel dari telkom yang penggunaannya sangat luas di indonesia artinya tidak hanya melayani 1 kota saja atau hanya 1 wilayah saja,sebagai perbandingan saya ambil harga paket speedy Rp.950.000,-/bulan dengan bandwidth up to 2 Mbps disini sudah sangat jelas bukan ? harga speedy utk akses bandwidth sebesar 2 Mbps saja membutuhkan dana sebesar 950rb + PPN = sekitar 1 juta/bulan nah bagaimana jika anda menuntut mendapatkan akses internet dengan kecepatan 7,2 Mbps ?? gampangannya saja dikalikan (1 juta/1Mbps x 7,2 Mbps = 7,2 juta/bulan mungkin jika anda berpenghasilan lebih dari 20jt/bulan akan mengatakan harga 7,2jt/bulan untuk akses internet akan dirasa murah.

      3. modem anda tidak ada masalah apa2 hanya saja perlu diperhatikan arti dari setiap kecepatan akses dari provider

      semoga membantu

  5. yugioh
    9 Juni 2010 pukul 22:57

    kalau sesuai yang mas kata kan modem ku gak ada masalah, jadi kemungkinan besarnya, tempatku yang gak ada jaringan hsdpa, tapi kok tampilan lampu modemnya nyala biru ke hijauan?

    uda di tes pakai paket telkomsel flash yang 350/menit, tetap aja speed mentok di 46KB, padahal temanku di bekasi dapat speed sampai 400KB/menit, tapi kok tempat ku gak bisa tembus segitu ya?, temanku pakai modem siera, dan di tes pakai paket telkomsel flash yang 350/menit juga. apa benear2 tempat ku yang gak ada jaringan hsdpa apa memang jaringan hsdpa yang jau dari tempat ku?, soalnya tempatku jakarta barat, dan sesuai iklan kota jakarta dah bisa nikmati paket telkomsel flash yang bisa mencapai kecepatan 3.6mbps.

    jadi gini mas apa bisa ajari aku merakit antena buat modem “huawei vodafone k3565-rev 2” soalnya modemku gak ada lubang antenanya, tapi liat di situs2 lain antena buat modem kaya punyaku, gak pakai wajan bolik, tapi harus lubangi kesing modemnya dulu, dan saya gak berani takutnya itu info palsu, jika saya melubangi kesing nya, tapi ternyata gak ada lubang antenanya, bisa2 kalau jual kembalai gak ada yan mau beli, jika benar bisa di rakit antena nya, tentu saya akan memakai modem ini seterusnya walaupun harus lubangi kesing nya, ne aku dapat info dari sini

    http://www.instructables.com/id/Huawei-E160X-Vodafone-K3565-3G-dongle-external-a/

    jika mas berkenan, bisa bingbing aku kan? siapa tau dengan menambakan antena wajan bolik atau antena lain nya, bisa menambah speed modem ku.

    • 10 Juni 2010 pukul 00:03

      saya pernah membuatnya untuk memperkuat sinyal wifi dari kampus dengan jarak 2 KM dan tinggi antena 3 meter dan hasilnya cukup bagus jika perhitungannya tepa tapi kalau perhitungannya tidak tepat maka sinyal yg didapatkan tidak maksimal, tutorial ini saya rasa sudah cukup lengkap dan jelas untuk membuat sendiri antena wajanbolik.

      nb : hati2 menggunakan settingan APN : flash karena seperti yg anda katakan bahwa biaya per menitnya adalah 350/menit maka biaya internet per-jam adalah = 350 x 60 menit = Rp.21.000/jam dan perhitungan per-5 jam akan menjadi Rp.105.000/5jam dan jika anda menggunakan dalam 1 bulan dengan rata-rata penggunaan perharinya adalah 5 jam maka biaya internet yang akan ditagihkan kepada anda menjadi Rp.105.000,- x 30 hari = Rp.3.150.000,-

  6. yugioh
    15 Juni 2010 pukul 00:48

    wah, kok tiap kali comment hilang terug tex nya,?

    jadi gine mas, maksud saya, jika mau downloatan aja baru memakai telkomsel, soalnya speed yang di janjikam mengiurkan, 3,6mbps : 8 = 450KB/menit, misalnya ingin mendownload file yang 1GB an, dengan speed rata2 400KB/menit keatas, dalam waktu kurang dari 30menit 1 file berhasil kita dapatkan dengan harga di bawah 10rb, jika di banding membeli 1 keping DVD com, yang seharga 25rb-50rb perkeping
    (400KB x 30menit=1,2GB Rp350/menit x 30 menit = Rp10500)

    tapi yang jadi masalah, speed yang di dapat di tempat saya, mentok di 46KB/menit doank (mungkin hanya dapat jaringan 3G, tapi kok, lampu indikator modem menyala biru kehijauan?)

    saya igin minta bantuan mas agar mau mimbingbing saya dalam pembuatan antena wajan bolik ini dengan modem “huawei vodafone k3565-rev 2” karena dari bahan 2 diatas ada sebagian yang tidak saya mengerti:
    -Konektor N-female. (sekitar Rp 20 ribu)
    -Pigtail dan konektor RP-SMA. Sesuaikan dengan konektor antena modem. (Rp 100 ribu).
    -Kabel coaxial berkualitas. Saya pakai Kitani 5C. (Rp 5 – 8 ribu per meter).

    dan selebihnya suda saya persiapkan,
    -uantuk kabel “coaxial” apa kah itu kabel antena tv?
    -dan “Pigtail dan konektor RP-SMA. Sesuaikan dengan konektor antena modem” ini benda kaya gimana, apa setiap modem berbeda2 bentuknya? terus modem vodafone k3565-rev 2 kan gak ada lubang buat antena external nya, jadi apa tanpa alat ini dapat buat antenanya?, dengan cara yang seperti mas bilang, dengan melilitkan kabel ke modem?
    -“Konektor N-female” apa benda seperti colokan antena buat tv?

    untuk benda2 yang saya belum ada hanya ini, karena tidak mengerti benda tersebut seperti apa bentuknya kegunaan nya dan ukurannya seperti apa. soalnya nama2 nya pada memakai nama elektronik si, hehehe, jadi agak puyeng dikit.
    mohon sedikit di perjelas, soalnya modem saya GAK ADA LUBANG BUAT COLOKIN ANTENA YANG SEPERTI MAS GAMBARKAN

    • 15 Juni 2010 pukul 00:58

      “GAK ADA LUBANG BUAT COLOKIN ANTENA YANG SEPERTI MAS GAMBARKAN” anda pasti tau etika dalam berkomentar dan penggunaan huruf balok artinya teriak, sudah mengerti maksudnya kan

      masalah utama anda adalah modem yg tidak support untuk dipasang dengan pigtail antena eksternal jadi solusinya beli modem yang ada colokan antena luar, seperti sierra 881u dan 885

      atau bisa dililitkan hany saja kurang maksimal

  7. yugioh
    15 Juni 2010 pukul 01:19

    berarti jika mau paki cara melilitkan (karena modem baru beli satu masa beli lagi, karena modem yang ini di jual gak ada yang mau,”teman2 pada gak pake inet, kalo ke toko gak ada yang mau terima barang seken”)

    dengan kata lain jika melilitkan modem benda ini saya gak ausa beli ya? (Pigtail dan konektor RP-SMA. Sesuaikan dengan konektor antena modem) terus yang di di pasang di palaron itu benda nya seperti apa? apa bisa di ganti dengan benda lain? soalnya tanya di toko2 komputer (mangga 2 mol semua da di tanya in) “N-female konektor” gak ada yang punya (mungkin penjualnya gak perna denger benda kaya gitu atau memang gak jual, pada bilang “bentuknya seperti apa kegunaannya gimana” saya jelasin pada tanda tanya semua “???”), bole kasi saran gak, di jakarta harus cari di mana? apa bisa di rakit sendiri benda kaya gitu, apa tanpa benda itu walau wajan bolik da jadi gak akan ada eveknya? soalnya wajan , kabel antena panjang 10meter, tiang panjang, semua da pada siap tempur ne

    • 15 Juni 2010 pukul 01:31

      cari N-female di toko elektronik bukan di toko komputer bos
      karena semua hal pembuatan antena wajanbolik berhubungannya dg elektro bukan spesifik komputer, beli aja yg udah jadi bos ga usah repot2
      yg dipasang di paralon adalah kabel tembaga telanjang

  8. 31 Agustus 2010 pukul 01:03

    Numpang nimbrung gan! Ane mau nanya, dua aja gan:
    1. Kalo modemnya gak ada external portnya berarti kabelnya dililitin kan? Tp yg dililitin tuh coaxialnya apa kabel pigtailnya? Soalnya ane cuma browsing pake hp, jadi kurang jelas gambarnya.
    2. Ane pernah baca kalo bisa pake Loop? Tp masalahnya pemasangannya gimana?
    Itu saja yg ingin saya tanyain, minta pencerahannya ya gan? Makasih….
    Salam hormat!

  9. sunaria
    6 September 2010 pukul 14:11

    mas, saya pakai telkomsel halo unlimited dari grapari.., kalo pintu besar saya buka pasti bisa konek, tp kalo pintu ditutup maka ga akan bisa konek ( komputer menghadap ke pintu besar), gimana mas ada solusi ga???, terima kasih

    • 6 September 2010 pukul 17:26

      penempatan modem yg kurang pas

  10. 1 November 2010 pukul 22:12

    Untuk temen2 semua yang mungkin butuh Antena External Wajanbolic dengan sistim induksi ( lilit ) atau modem-nya nginep di Antena juga ada. Siap pake pokoknya.
    Bisa konsultasi dulu boss.
    Ke sini aja ya : http://antena-usbmodem.blogspot.com
    SEMOGA membantu.

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: