Beranda > Info Internet, Tips Dunia Internet > Pengertian Bandwidth

Pengertian Bandwidth

Pengertian Bandwidth – Lanjut ke topik selanjutnya yaitu Bandwidth. Bandwith adalah perbedaan antara batas frekuensi atas dan batas frekuensi bawah (cutoff frequencies) dari, contohnya, filter , chanel komunikasi, atau spektum sinyal. Dan diberi dengan satuan Hertz. Didalam sebuah chanel atau disebut sebagai sinyal, bandwith umum didefinisikan sebagai batas frekuensi atas. Bandwith dalam satuan Hertz adalah suatu konsep umum didalam berbagai bidang, termasuk bidang elektronik, bidang informasi,komunikasi radio, proses sinyal, dan spectroscopy. Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Trafik) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda. Misalnya anda menerima/mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) anda bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim/terima, 100.000 kirim, 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth, pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account anda bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman web anda ke PC-nya), atau anda upload gambar/file ke account anda dan sebagainya.

Jika anda mengenal Telkom Speedy, Bandwidth ini cara kerjanya sama dengan Kuota di Telkom Speedy. Hanya saja yang menjadi acuan bagi perhitungan kuota Telkom Speedy adalah data yang keluar/masuk ke PC/Modem ADSL anda, sedangkan di hosting acuannya adalah data yang keluar/masuk ke account atau domain anda.

Di dalam sistem komputer network dan berbagai jenis digital lainnya, definisi bandwith sering kali direfernsikan sebagai bits per sekon, contohnya, jaringan network, definisi ini didasarkan pada Hartley’s Law, suatu chanel capacity suatu fisik dari komunikasi bekorelasi dengan bandwith dalam konsep Hertz, beberapa di definikan sebagai analog bandwith.

Bandwith adalah kunci untuk konsep berbagai jenis aplikasi telepon. Di dalam komunikasi radio, contohnya, bandwith adalah jarak dari frekuensi berdasar pada gelombang pembawa modulasi, di mana optic merupakan gelombang individu (spectral line) atau keseluruhan spektral line.
Di dalam beberapa konteks proses sinyal, bandwith adalah sumber yang valuable dan sumber yang terbatas. Contohnya, sebuah penerima tuner radio FM menerima beberapa jenis frekuensi. Sebuah agensi (sejenis Federal Communications Commission di AS) mengatur izin broadcaster mengenai bandwith agar tidak terjadi crash antara broadcaster-broadcaster lainnya. Setiap transmitter memiliki tiap-tiap bandwith, menjadi komoditi masing-masing pemegang (Broadcasters).

Pada pengaplikasian yang berbeda memberikan definisi yang berbeda. Contohnya, satu definisi bandwith bisa saja range dari beberapa frekuensi. Ini biasa disebut sebagai pendukung suatu notasi matematis frekuentif. Satu notasi frekuensi bisa berkisar 3 dB dibawah jumlah maksimum, atau dibawah 10 dB rata-rata. Sesuai definisi dari width itu sendiri, akan banyak pengertian-pengertian lain yang bersesuaian dengan kegunaannya.

Berikut data grafik konsep Bandwith:

Ada juga pengertian-pengertian dalam pengaplikasian bandwith, berikut paparannya  : ( Diambil dari sebuah webhost terkemuka )

Istilah bandwidth selalu dipakai dalam penawaran paket hosting dari perusahaan hosting. Jadi apa itu bandwidth dalam dunia web hosting ? Berikut akan kami jelaskan pengertian bandwidth sehingga pengguna web hosting, terutama pelanggan kami, mengetahui dengan benar mengapa ada perhitungan bandwidth dalam setiap paket hosting kami. Ada dua definisi yang bisa digunakan untuk menjelaskan apa itu bandiwdth :

1. Bandwidth adalah besaran lalu lintas data yang diperbolehkan melalui website anda ke seluruh internet. Besaran bandwidth yang bisa disediakan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik yang melalui internal data center mereka maupun ke eksternal yaitu internet publik.

2. Bandwidth besaran transfer data yang diperbolehkan dalam suatu paket hosting. Misalnya anda memiliki halaman web sebesar 48KB, maka setiap pengunjung halaman web anda yang membuka halaman tersebut akan mengunduh/download informasi/data sebesar 48 KB ke komputer mereka. Jika ada 100 pengunjung ke halaman tersebut maka telah terjadi transfer data sebesar 4800 KB dari server dimana file anda berada ke komputer pengunjung. Jadi Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan besaran data yang telah ditransfer keluar dari kuota space hosting anda.

Seberapa besar bandwidth yang anda butuhkan ? Besaran bandwidth yang anda butuhkan tergantung dari 2 faktor:

1. Besar file dalam website anda. Semakin besar file yang akan diakses oleh pengunjung website anda, maka semakin besar kebutuhan bandiwdth anda.

2. Popularitas website anda. Semakin populer website anda, maka akans emakin banyak pengunjung yang akan melihat website anda dan semakin besar pula kebutuhan bandiwdth hosting anda.

Mau Internetan Unlimited Kecepatan tinggi ?? Call Us Now ^^

On Stock
Internet Murah Shop
Jl. Kaliurang Km.12 No.32 Yogyakarta
Simpati : 081227808091 | M3 : 085740919180 | XL : 087838487354 | Flexy : 02746677765

www.jual-internet-unlimited.co.cc

“Internet Unlimited Murah, Cukup Bayar sekali, Pakai Sepuasnya”

Iklan
  1. 28 Mei 2010 pukul 20:38

    Makasih buat postingannya ini sangat berguna buat kami para pemula dalam memulai usaha di dunia oline internet

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: