Beranda > Tips Belanja Online > Tips Belanja Online

Tips Belanja Online

Karena banyaknya berita penipuan di dunia maya, dan mungkin ada beberapa user yang berkeinginan membeli chip kartu internet telkomselflash unlimited tapi membatalkannya karena mungkin kesalahan kami belum memberikan akses profil yang luas seperti scan KTP danbuku tabungan, sekarang kami ingin memberikan tips bagaimana cara bertransaksi di internet, berbelanja di internet ataupun langsung pun tetap rawan penipuan jika kita tidak berhati-hati, Untuk itu ada baiknya mengikuti beberapa tips berikut ini untuk bertransaksi di internet, atau berbelanja, membeli barang dari seseorang dengan identitas yang belum jelas di dunia maya. Beberapa tips membeli barang berikut itu bisa di pertimbangkan :

1. Bila anda tertarik dengan sebuah iklan dan ingin melakukan kontak dengan orang yang memasang iklan barang tersebut catat no.HP dan Email serta informasi profil penjual seperti Facebook atau Friendster dan media lain.

2. Teliti sebelum membeli, periksa terlebih dahulu si penjual, Apakah penjual benar-benar penjual beneran atau mungkin penipu, ini bisa di lakukan dengan mencari profile penjual di internet, dengan mengetik no hp, no rekening atau alamat email yang di gunakan.

3. Mintalah informasi yang jelas mengenai produk atau barang yang dijual kondisi barang, harganya, bagaimana cara pembayaran dan system pengiriman barang dll. Bisa dengan cara membaca informasi produk dan bertanya jika ada yang dirasa kurang atau membingungkan.

4. Khusus untuk penjual yang berada diluar kota, apabila anda tertarik dengan produk yang diiklankannya, tentunya setelah proses negosiasi, sebaiknya anda minta verifikasi data-data identitas seperti KTP penjual jika perlu. Kenapa harus KTP? Hal ini dimaksudkan untuk menguji bahwa penjual tidak melakukan penipuan (bisa juga di cocokkan dengan no rekening si penjual). Apabila si penjual adalah perusahaan, kami menyarankan anda untuk meminta konfirmasi data perusahaan terutama SIUP dan NPWP mereka.

5. Khusus untuk barang second hand, baik itu barang elektronik, computer, camera, handphone, dan sebagainya yang dijual oleh perorangan, kami menyarankan anda untuk meminta bantuan orang di kota si penjual yang bisa anda percayai, baik keluarga, teman dan kolega untuk memverifikkasi barang tersebut cocok seperti apa yang ditawarkan kepada anda, baik kelengkapan maupun kondisi barang tesebut. Anda harus meminta kepada si penjual untuk mendemokan barangnya kepada orang yang anda tunjuk sebagai representasi anda di kota tersebut. Jadi jangan melakukan transaksi apapun sebelum ada konfirmasi dari representasi anda bahwa barang tersebut memang cocok menurut criteria anda.

6. Jika si penjual meminta sejumlah uang muka/DP agar di transfer melalui rekening banknya, sebelum mengirim uang mohon terlebih dahulu untuk meminta scan KTP dan No rekening si penjual bisa digunakan jika terdapat tanda-tanda penipuan. (silahkan merequest

7. Apabila semuanya sudah OK, baru anda bisa melakukan transfer uang kepada si penjual melalui bank-bank ternama atau melalui orang yang anda percayakan di kota tersebut.

8. Extra hati-hati, jika si penjual mengandung janji-janji yang terlalu muluk-muluk atau berlebihan (jangan mudah terpancing !). Jika ada, mintalah garansi atau bukti pembelian secara tertulis dari penjual (Nota). Prinsip orang jawa “ono rego ono rupo” = ada harga ada kualitas.

9. Jika ketemu darat, untuk barang elektronik seperti HP,handycam,hardware komputer dan lain-lain periksa secara mendetil barang yang hendak dibeli, tanyakan kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut, tanyakan juga bagaimana dengan layanan purna jual dan garansi (jika ada).

10. Jangan langsung transfer uang, usahakan untuk tidak membeli jika penjual dirasa kurang meyakinkan, sekali lagi JANGAN TERGIUR HARGA MURAH!!!

11. Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi anda.
Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain. Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang anda kembali. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.

12. Pertimbangkanlah cara pembayaran.
Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, anda punya bukti kuat kalau anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan (bukti transfer disimpan sampai barang benar-benar diterima pembeli).

13. Simpan bukti transaksi.
Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, salinan e-mail antara anda dengan penjual.

14. dasar transaksi Online adalah Kepercayaan antara pembeli dan penjual, jika penjual sudah membuka akses seluas-luasnya untuk mengetahui profil si penjual (scan KTP/Buku rekening) dan bukti lain jika diminta oleh pembeli, anda bisa menentukan keseriusan si penjual untuk melayani pembeli, dan selalu baca ketentuan yang diberikan oleh si penjual seperti FAQ = frequently ask question/pertanyaan yang sering di ajukan oleh pembeli/user.

Dari berbagai sumber, digunakan untuk kepuasan pelanggan terhadap kinerja kami sebagai penjual kartu chip internet 3G dari telkomsel.

 

Iklan
  1. 10 Maret 2010 pukul 19:11

    kartunya udah tak pake nih… coba pake mozilla… tap pikir masih perlu setting apalagi.. ternyata langsung pakai (maklum gaptek)

    mudah-mudahan aja ternak puyuhnya lancar jadi bisa bayar terus tiap bulannya ><

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: